Kamis, 11 Desember 2008

Harapan Panurata

Tidak seperti biasanya, Panurata kelihatan ceria banget Kamis siang ini. Begitulah batin Jerawati, yang melihat tetangga sebelah ini sedang menyapu halaman rumahnya, sambil bersenandung sebuah lagu "semua terserah padamu, aku begini adanya,kuhormati keputusanmu
apapun yang akan kau katakan, sebelum terlanjur,jauh malangkah, kau katakan saja' Karena asyiknya menyapu dan menyanyi, Panurata tidak terasa diperhatikan Jerawati. Lalu Jerawati diam-diam dan pelan-pelan masuk halaman rumah Panurata, lalu "Heiiiiii.....!! Waaaah.....lagi ceria ya....!!" Panurata kaget bukan main "Sialan....aku kaget tauuu!!" Jerawati tertawa berguling guling, "Yeeee....kaget nih yeeee!! Ada apa ya...? Kamu tuh tertawa...tapi kok lagumu lagu orang frustrasi. Kalau nggak salah, lagumu itu kan refrein "Jangan ada dusta di antara kita?" Sambil garuk-garuk kepala, Panurata menyahut, "Iya ceria sih karena ketemu kamu tapi juga lagi frustrasi..!" Jerawati cuma nyengir, "Kamu bisa frustrasi to? Ama siapa neh?" Panurata langsung menjawab tanpa basa-basi, "Ama kamu, tauu!!" Jerawati jadi kaget dan terkejut, "Haaah...ama aku...apa hubungannya, kan kita cuma tetangga?" Panurata terus menyahut lagi, "Waaah....jangan GR tauu....! Aku mah frustrasi ama kamu, bukan karena aku naksir kamu...yeee...sorry eeuuuyy...!!" Jerawati tambah panas, "Yeee, aku juga nggak akan naksir kamu tau...sorry man!" Sambil menepuk bahu Jerawati, "Marah ya...maaf ya...maksudku...aku frustrasi...kenapa kamu nggak semangat untuk cari pekerjaan! Padahal aku kan sudah mencarikan lowongan kerja! Tapi kenapa kamu nggak komentar sedikitpun cuma bilang iya...terus...nggak ada follow up lagi!" Jerawati tertunduk malu, "Iya Mas, maaf ya...aku yang keliru, harusnya aku cepet tanggap karena kamu sudah menawarkan lowongan jadi "accounting" di perusahaan temanmu. Terus terang, aku gengsi ama tetangga!" Lalu Panuratapun mencoba menyemangati Jerawati, "Neng, buat apa gengsi. Gengsi mah nggak bisa untuk hidup, yang penting orang itu mesti kerja, apalagi kamu lulusan Akunting dari universitas terkenal, kok nggak percaya diri! Padahal aku pikir tuh kamu percaya diri gitu kalau di lapangan, karena kamu begitu judes ama aku...pasti kamu orangnya juga pede!" Jerawati memainkan jari-jari tangannya, "Iya Mas, terima kasih ya...diingatkan, sampai kamu seperti frustrasi hanya memikirkan tetanggamu yang nggak tahu diri padahal mau dibantu! Makasih Mas!" Panurata pun lalu menawarkan pekerjaan lagi, "Gimana, kalau besok aku antar ke perusahaan temanku yang lain ya..! Orang hidup itu mesti bekerja. Hidup itu ibarat hanya mampir untuk minum, jadi waktunya singkat. Nah waktu yang singkat itu mesti digunakan sebaik-baiknya untuk bertanggung jawab atas hidup kita. Tanggung jawab itu diwujudkan dengan kerja yang baik! Okey?" Jerawati mengangguk, "Iya Mas, makasih ya...! Aku jadi maluuuu!" Panurata lalu menyahut, "Nggak usah malu ya....yang penting...kamu mau kerja...aku percaya kamu pasti bisa kerja. Aku sangat mengharapkanmu bisa mandiri..." Lalu, Jerawati pamitan pulang, "Mas makasih sekali lagi ya...aku mau masak dulu...buat nanti sore!" Panurata lalu mengantar sampai depan pintu gerbang!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buah Retret 2008: Memahami Kembali Sakramen Imamat bagi Hidupku

Sahabat-sahabatku,

Setelah mengikuti retret para imam bersama Fr. Fio Mascarenhas SJ dari India, 10-14 Nov 2008 di Purwokerto, saya tergugah untuk mengolah kembali pemahamanku tentang sakramen imamat. Setelah aku ditahbiskan sebagai imam oleh Mgr Julianus Sunarka SJ, waktu itu, 18 Juli 2001, ternyata tidak otomatis membuat aku dapat menghayati hidup sebagai imamat secara penuh. Tidak otomatis itu letaknya bukan pada "pencurahan Roh Kudus", melainkan pada "aspek penghayatan."

Roh Kudus itu dicurahkan kepadaku oleh Allah melalui penumpangan tangan Uskup yang dipercaya oleh Gereja sebagai penerus para Rasul. Roh itu dicurahkan secara sempurna. Akan tetapi karya Roh Kudus itu "belum lengkap", karena dibutuhkan "keterlibatanku" untuk mengambil keputusan : berkomitmen terus menerus bekerjasama dengan Kristus, sang Imam Agung. Komitmen kerjasama itu hanya mungkin terjadi kalau saya hidup dalam "persekutuan dengan Roh Kudus". Bagaimana saya bersekutu dengan Roh Kudus, karena hidupku lebih suka menghindari "salib" daripada memikul salib.

"Memikul salib" itu bukan pertama-tama penderitaan fisik yang luar biasa akibat penganiayaan. Memikul salib, sebagaimana dipahami oleh Paulus dalam Flp 2:6-11, artinya, kesediaan diri untuk "dipermalukan": membiarkan diri kehilangan berbagai hak asasi sebagai manusia: hak atas masa depan, hak untuk membela diri, hak untuk mengatakan kebenaran, hak untuk berkuasa. Akan tetapi lebih dari itu, Yesus membiarkan dirinya "tidak meminta haknya sebagai Anak Allah" bahkan mengambil rupa seorang hamba " yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia" (Flp 2:6-7) Itulah inti salib: pengosongan diri.

Bagaimana saya memikul salib, padahal salib itu menjungkirbalikkan "jalan pikiran" manusia yang lebih suka menjadi anak anak dunia. Jalan pikiran dunia adalah gerak naik, yakni meraih ambisi hidup serba nikmat, ambisi diistimewakan, dipuji, populer, menjadi hebat. Sementara jalan salib adalah jalan yang menurun: jalan pengosongan diri, di mana tidak lagi mencari kesempatan untuk hidup nikmat, tidak mencari pujian, popularitas, dan menjadi hebat, serta tidak ambisi berkuasa untuk menjadi memiliki segalanya. Karena itu, saya tidak mungkin mengandalkan kekuatan diri sendiri.

Salib Tuhan yang harus kupikul itu menantang diriku untuk mengakui "keterpecahan yang ada dalam diriku": di satu sisi memiliki niat untuk memanggul salib, namun di sisi lain ada kekuatan yang menarikku untuk menghindari salib. Tegangan itu tidak lain adalah "pertempuran antara Kuasa Roh yang menghidupkan, dan kuasa roh yang mematikan". Pertempuran itu sudah dimenangkan oleh Kuasa Roh Allah sendiri yang telah membangkitkan Kristus, setelah Ia mengalami kematian bersama dengan manusia yang berdosa. Kematian Kristus di salib menjadi "persembahan kemanusiaan yang abadi di hadapan Allah Bapa". Yesus yang wafat itu hadir di hadapan Bapa sebagai pribadi yang merepresentasi manusia yang telah berdosa. Allah menerima persembahan Kristus itu dengan membangkitkan-Nya pada hari ketiga. Karena itu berkat kematian Kristus semua orang yang mati terhadap dosa, entah dari bangsa manapun, dan dari jaman kapanpun, dianugerahi harapan akan keselamatan.

Kemenangan Kristus atas pertempuran itu terjadi karena peranan Roh Kudus dalam diri-Nya, karena Roh itu tidak lain adalah Roh Allah. Maka dalam persekutuan dengan Bapa dalam Roh Kudus, Kristus menang atas maut. Kalau Kristus, Sang Imam Agung. dan sebagai Anak Sulung, telah mendahului kita memenangkan pertempuran dengan roh jahat, mengapa saya sebagai imam, kerap kali masih ragu-ragu untuk meminta Roh Kudus memberiku kekuatan untuk mengatasi "keterpecahan pribadiku" sehingga aku mampu konsisten untuk memanggul salib.

Keragu-raguan itu sebenarnya tanda bahwa aku tidak sungguh sungguh percaya kepata Allah Bapa, apakah Ia sungguh mau menganugerahkan Roh-Nya. Tidak sungguh-sungguh percaya kepada Allah, adalah sebuah sikap yang sebenarnya curiga kepada Allah. Belum memohon pun,saya sudah meragukan, apakah Allah memang mau menganugerahkan Roh Kudus itu. Dalam Lukas 11:13 Yesus menyakinkan kita, "Jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya." Sabda Yesus ini meneguhkan dan memberikan kemantapan: Jangan ragu ragu untuk meminta karunia Roh!"

Dengan komitmen "terbuka untuk meminta", Sakramen tidak lagi dipahami sebagai "keran air yang siap mengucurkan rahmat ilahi", melainkan Sakramen adalah sebuah tanda kehadiran kasih Allah yang menantangku untuk menjawab: buat keputusan untuk meminta Roh agar hidupku mampu memikul salib. Membuat keputusan menjadi hal yang sulit bukan main kalau ada keterikatan emosional dengan kepentingan diri, fasilitas, dan jabatan. Di situlah letaknya penghayatan imamatku ditantang: mau menjadi pribadi yang hidup untuk mempersembahkan dirinya khusus bagi Allah dan sesama, atau menjadi pribadi yang hidup bagi dirinya sendiri.

Akhirnya menjadi imam itu bukanlah sikap "menggengam tangan". Karena "menggenggam" itu berarti ada "sesuatu yang istimewa dan kupertahankan mati-matian, jangan sampai lepas dan tidak bisa kupegang lagi". Karena itu menjadi imam bagiku sekarang adalah komitmen untuk belajar membuka genggaman tanganku agar terbukalah telapak tanganku, sehingga apapun yang kugenggam boleh diambil siapapun. Dengan cara hidup seperti itu, terbukalah kesempatan untuk selalu meminta Roh Kudus agar terlibat dalam hidupku.

yang lagi belajar berproses
bslametlasmunadipr